Pages

Kamis, 26 Januari 2012

Sate Kelinci dan Ronde Kaliurang

Setelah puas berkeliling di salah satu museum jawa di Kaliurang, Ullen Sentalu, saya dan pacar jalan-jalan kembali dan mampir untuk menikmati sate kelinci khas Kaliurang serta wedang ronde yang hangat. 

Tepat di pintu gerbang Taman Rekreasi Kaliurang, disitu ada penjual sate kelinci Pak Tir namanya.Bapak penjualnya sudah agak tua yah tapi beliau masih gesit buatin kita sate enak lho. Hal pertama yang dipikirin klo denger kata-kata "kelinci" pasti terbayang hewan lucu bin imut yang menggemaskan itu. Nah, sekarang hewan tersebut di sate dan kita makan. Pasti banyak orang yang ga tega buat makannya. Tapi tenaaaang, biasanya daging kelinci yang digunakan adalah kelinci yang memang diternakan untuk dipotong dan dimakan. Bukan kelinci hias. Dan menurut penelitian, daging kelinci itu juga bisa sembuhkan asma dan radang tenggorokan lho.


Itu si Bapak yang lagi nyiapin bakaran buat nyate. Sate yang beliau jual selain kelinci juga ada sate ayam lho. Tapi klo di kota, sate ayam kan gampang ditemui. Nah, mumpung di Kaliurang makanya kami pesen sate kelinci. Teksturnya mirip ayam, tapi lebih lembut. Klo daging kelinci ga diolah dengan baik, akan ada rasa amis pada makanannya. Tapi yang ini beneran enak dengan saus kacang yang bikin ngiler begitu liat. Untuk satu porsi sate kelinci di bandrol dengan harga 12rb rupiah.


Daging kelinci yang sehat ditambah wedang ronde yang hangat. Isinya ada roti, kacang, kolang kaling, dan bola ketan isi kacang. Semua itu disiram dengan air jahe yang nikmat. Hmm, mesti coba deh pokoknya. Semangkok ronde ini harganya 4rb rupiah. Selamat menikmati, YUMMY!



0 komentar:

Posting Komentar